Your friendly slimming center
The Slimmerz

Food Record Monitoring

HomeNewsFood Record Monitoring

Program penurunan berat badan theSlimmerz berkonsep pengaturan pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik. Beberapa Langkah terapi medik gizi yang kami berikan kepada pasien

Pertemuan 1:

  • Melakukan pemeriksaan fisik, Berat Badan (BB), tinggi badan dan komposisi tubuh
  • Memberikan preskripsi diet berupa mealplan dengan jumlah kalori,jenis makanan dan jadwal makan yang sesuai kebutuhan pasien
  • Rekomendasi aktivitas fisik sesuai kondisi klinis dan kemampuan pasien
  • Preskripsi obat dan suplementasi sesuai kondisi Kesehatan pasien

Pertemuan 2:

  • Evaluasi Berat Badan dan komposisi tubuh
  • Evaluasi mealplan dan aktivitas fisik
  • Evaluasi efektivitas obat dan suplemen yang diberikan

Saat pertemuan ke 2, sekitar 20% pasien yang Berat Badan (BB) nya tidak turun mempunyai pendapat bahwa sudah melaksanakan mealplan dengan baik dan olahraga sesuai rekomendasi tetapi BB tidak turun. Untuk mengonfirmasi mealplan dan olahraga dilaksanakan dengan baik maka kami merekomendasikan Food Record Monitoring.

 

Food Record Monitoring yaitu pencatatan makanan yang dimakan dari saat bangun tidur pagi  sampai akan tidur malam dan olahraga yang dilakukan yang harus diinformasikan kepada kami baik berupa catatan maupun foto melalui whatsapp atau media communication lainnya, setiap hari selama minimal 2 minggu. Setiap hari kami akan respon untuk mengingatkan dan memperbaiki jumlah,jenis dan jadwal makan yang tidak sesuai mealplan serta mengingatkan untuk olahraga yang direkomendasikan.

Program ini sangat efektif dalam menurunkan BB dan memperbaiki komposisi tubuh pada pasien-pasien yang tidak turun BB nya dan tidak menyadari bahwa yang dilakukan sebelum food record monitoring adalah tidak sesuai dengan rekomendasi.

Jika dengan program Food Record Monitoring ternyata sesuai dan BB benar benar tidak dapat turun maka kami akan lakukan pemeriksaan laboratorium dan nutrigenomic untuk mengetahui apakah ada kelainan hormon dan memilih makanan yang sesuai dengan gen pasien.

Jika hal tersebut di atas tidak berhasil maka kami akan merekomendasikan kepada dokter bedah pencernaan rujukan untuk dilakukan bedah bariatric.

Leave a Reply