Your friendly slimming center
The Slimmerz

Amankah Makanan Yang Dibakar Atau Dipanggang ?

HomeNewsAmankah Makanan Yang Dibakar Atau Dipanggang ?

Terkadang kita memasak makanan dengan cara dipanggang untuk mengurangi lemak dalam makanan kita. Beberapa orang memanggang makanan karena menyukai aroma yang dihasilkan lebih wangi dan mengundang selera. Terlebih lagi sudah menjadi kebiasaan masyarakat, pada saat tahun baru banyak yang mengadakan pesta dengan makanan yang dibakar atau dipanggang. Tetapi apakah makanan yang dipanggang aman bagi kesehatan?

Ternyata beberapa sumber menyebutkan bahwa makanan yang dipanggang menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan yaitu pemicu timbulnya kanker. Senyawa tersebut adalah polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) dan heterocyclic amines (HCAs). Bahan makanan yang sering menghasilkan senyawa tersebut adalah daging merah dan makanan yang mengandung gandum. Semakin lama proses pemanggangan akan semakin banyak PAH dan HCAs yang dihasilkan.

Beberapa cara untuk mengurangi kedua senyawa yang membahayakan ini yaitu:

  1. Buanglah bagian yang mudah terbakar dan menghasilkan arang seperti bagian kulit dan lemak.
  2. Potonglah bagian yang dipanggang menjadi lebih tipis supaya tidak terlalu lama dipanggang. Semakin lama makanan dipanggang PAH dan HCAs makin banyak terbentuk.
  3. Masaklah makanan yang akan dipanggang terlebih dahulu dengan cara direbus atau dikukus untuk mengurangi waktu memanggang.
  4. Rendam dan bumbuilah makanan yang akan dipanggang karena hal tersebut dapat mengurangi terbentuknya PAH

 

Selamat menikmati……

Leave a Reply